Belajar Bunyi Vokal Mandarin Tunggal

Belajar Bunyi Vokal Mandarin Tunggal

Assalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

大家好!dàjiā hǎo! halo semuanya!. Pelafalan vokal bahasa Mandarin dengan bahasa Indonesia memang ada banyak kesamaan, hanya sedikit yang berbeda. Pada pembelajaran kali ini kita akan membahas bunyi vokal Mandarin tunggal. Berbeda dengan huruf vokal dalam bahasa Indonesia dan Inggris, bahasa Mandarin memiliki huruf vokal tersendiri. Pada bahasa Indonesia kita mengenal huruf vokal:

a, e, i, o, dan u

Sedangkan pada bahasa Mandarin huruf vokalnya adalah:

a, o, e, i, u, dan ü

Ya, bahasa Mandarin memiliki 6 huruf vokal atau huruf hidup. Lalu bagaimana cara pelafalan huruf vokal tunggal tersebut? Langsung saja kita simak penjelasan singkatnya di bawah ini:
  1. Huruf vokal a dilafalkan "a" seperti bahasa Indonesia. Contohnya: 哪里 nǎ lǐ yang artinya di mana.
  2. Huruf vokal o dilafalkan "o" seperti bahasa Indonesia. Contohnya: 都 dōu yang artinya semua.
  3. Huruf vokal e dilafalkan seperti kata elang dalam bahasa Indonesia untuk kebanyakan kasus. Contohnya: 什么 shén me yang artinya apa. Huruf vokal e juga dilafalkan seperti kata era pada bahasa Indonesia, tapi ini perkecualian. Contohnya: 也 yang artinya juga, dan 谢谢 xiè xie yang artinya terima kasih.
  4. Huruf vokal i dilafalkan "i" seperti bahasa Indonesia. Contohnya: 里面 lǐ miàn yang artinya di dalam
  5. Huruf vokal u dilafalkan "u" seperti bahasa Indonesia. Contohnya: 胡 yang artinya kumis.
  6. Huruf vokal ü berbeda dengan huruf vokal u pada nomor 5 di atas, cara pelafalannya adalah kita lafalkan vokal "i" terlebih dahulu, kemudian ubah posisi mulut menjadi vokal "u", yang artinya kita melafalkan vokal "i" tetapi suara yang keluar adalah vokal "u", jadi pelafalannya di antara vokal "i" dan "u" (bibir agak monyong). Contohnya: 女 perempuan.
Silakan Sobat pelajari dan mencoba ke-6 pelafalan di atas. Vokal bahasa Mandarin ada banyak kesamaannya dengan vokal bahasa Indonesia, tetapi menurut saya kemungkinan vokal ü yang mungkin masih bingung cara pelafalannya.

Berikut ini ada video lagu pinyin Mandarin yang saya temukan di youtube, agar mempermudah Sobat belajar pelafalan vokal Mandarin:


Demikianlah pembahasan tentang Bunyi Vokal Mandarin Tunggal, semoga bermanfaat dan selamat belajar. 谢谢大家 xiè xie dà jiā terima kasih semuanya.

Wassalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Post a Comment for "Belajar Bunyi Vokal Mandarin Tunggal"