Aplikasi Android Pendukung Belajar Bahasa Mandarin

Assalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

朋友们好 péngyoumen hǎo halo teman-teman. Pada era modern saat ini telah banyak pengguna smartphone yang berbasis sistem operasi Android, dengan semakin canggihnya telepon genggam saat ini sangatlah dapat membantu pengguna dalam melakukan aktivitas sehari-hari atau sedekar berbagi dan mencari informasi melalui telepon genggam. Nah, dengan kemudahan teknologi saat ini dapat kita manfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Pada artikel kali ini kita akan membahas, apa saja sih aplikasi android pendukung belajar bahasa Mandarin? Ada ya? Tentu saja ada Sob. Yuk, langsung saja kita simak coretan di bawah ini:

1. Hanping Chinese Dictionary

Aplikasi yang pertama yaitu ada Hanping Chinese Dictionary, aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan EmberMitre Ltd. yang beralamat di 20th Floor, Central Tower 28 Queen's Road Central 999077 Hong Kong. Aplikasi ini berkategori kamus offline Mandarin dan telah didownload lebih dari 500 ribu pengguna smartphone. Keunggulan aplikasi ini adalah dapat didownload secara free alias gratis, dan juga terdapat versi Pronya yang tentunya harus mengocek dompet Sobat. Berikut fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi ini:

Versi gratis:
Pinyin or Zhuyin (Bopomofo) pronunciation
Simplified and Traditional characters
Clipboard Monitoring notifications
★ Voice recognition
★ Quickly display word in Skritter, Google Translate etc
★ Vertical Zhuyin
★ Material Design theme
★ Works entirely offline!
No ads!

Fitur tambahan pada versi Pro:
Homescreen Widgets
Multi-dictionary support - the superb ABC Chinese-English and ABC English-Chinese dictionaries (in-app purchases at extra cost)
★ Backup/Restore starred words and history

Berikut ini adalah screenshot dari aplikasi Hanping Chinese Dictionary:
 

Tentunya masih banyak lagi fitur-fitur yang ada di aplikasi Hanping Chinese Dictionary ini, seperti kumpulan idioms atau ungkapan dalam bahasa Mandarin. Untuk mendownload aplikasi ini, silakan Sobat download dari Google Playstore, atau klik link di bawah ini melalui smartphone android Sobat.

2. Pleco Chinese Dictionary

Aplikasi yang kedua yaitu Pleco Chinese Dictionary. Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan Pleco Software (www.pleco.com), aplikasi ini juga dapat didownlad secara gratis oleh pengguna smartphone android dan telah didownload lebih dari 1 juta user. Umumnya aplikasi Pleco ini sama fungsinya dengan Hanping di atas, tetapi pada aplikasi Pleco terdapat lebih banyak fitur-fitur di dalamnya. Dikarenakan keterangan fiturnya terlalu panjang, maka saya hanya akan menampilkan screenshot dari aplikasinya saja, dan nanti Sobat bisa melihat keterangan fiturnya langsung dari Google Playstore. 

Berikut ini adalah screenshot dari aplikasi Pleco Chinese Dictionary:


Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah terdapat fitur Screen Reader yang dapat digunakan secara gratis:

Untuk mendownload aplikasi Pleco Chinese Dictionary, Sobat bisa search di Google Playstore dengan keyword Pleco Chinese Dictionary atau silakan langsung klik link di bawah ini melalui smartphone Android Sobat.

3. Hanping Chinese Camera

Aplikasi android yang bermanfaat sebagai pendukung belajar Mandarin selanjutnya yaitu Hanping Chinese Camera. Aplikasi ini juga bagian dari aplikasi Hanping Chinese Dictionary di atas, yang juga dikembangkan oleh EmberMitre Ltd. Aplikasi ini bukan termasuk kamus, tetapi aplikasi yang berfungsi untuk membaca 汉字 hàn zì atau karakter Mandarin secara live preview. Tetapi sayangnya untuk mendapatkan aplikasi ini Sobat harus membelinya seharga Rp100.000 alias tidak gratis. 

Memang fitur screen reader pada aplikasi ini juga terdapat pada aplikasi Pleco Chinese Dictionary di atas, tetapi performa dan kecepatan pada aplikasi Hanping Chinese Camera ini menurut saya lebih baik dan mantap Sob, itulah kenapa untuk mendapatkan aplikasi ini tidaklah gratis Sob.

Berikut ini adalah fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi ini:

★ Scans live camera preview as well as still images (such as photos and screenshots)
★ Works entirely offline!
Simplified and Traditional characters
Pinyin and Zhuyin (Bopomofo) pronunciation
Horizontal & vertical text
★ Optimized for pages of regular text (such as in a book)
★ Seamlessly integrates with Hanping Chinese Dictionary (which is free) and Hanping Cantonese Dictionary (paid app)

Dan di bawah ini adalah video dengan durasi 1 menit yang memperlihatkan cara penggunaan dari aplikasi Hanping Chinese Camera:



Bagaimana Sob? Bermanfaat bukan? Apabila Sobat ingin membeli aplikasi ini, Sobat dapat mencarinya di Google Playstore dengan keyword Hanping Chinese Camera atau langsung mengklik link di bawah ini melalui smartphone android Sobat.

Demikianlah pembahasan tentang Aplikasi Android Pendukung Belajar Bahasa Mandarin yang telah kita bahas, tentunya masih banyak lagi aplikasi android yang sangat bermanfaat lainnya, tetapi menurut saya salah satu ketiga aplikasi di ataslah yang harus Sobat miliki sebagai pendukung belajar Mandarin. Semoga bermanfaat dan selamat belajar. 再见!zàijiàn sampai jumpa.

Wassalamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh.

Post a Comment for "Aplikasi Android Pendukung Belajar Bahasa Mandarin"